Aug 30, 2010

Adat Manjalang Mintuo di Ramadhan


Ya ini salah satu adat minang bagi pengantin perempuan, apalagi pengantin baru, membawakan makanan buat mertua tidak hanya mertua tapi mamak (kakak2 Mertua) dan seluruh keluarga suami. Waktunya biasanya awal menikah (selama jadi pengantin baru bow), Ramadhan, dan juga lebaran Idul Fitri. Tujuannya supaya silaturahmi tetap terjaga.

Istilahnya macam-macam ada yang bilang, mahanta nasi (mengantar nasi) khas dengan rantang alumunium yang secara kalau amburadul di lantai bunyinya minta ampun.
Jaman dulu kan belom ada tupperware n lock n lock hehe.

Yang uniknya rantang ini sebenarnya memakai aturan-aturan tertentu, misalnya gulai kepala kambing (utuh), rendang/ daging asam padeh (pedas) gadang (besar) artinya tidak boleh dipotong-potong dagingnya, singgang ayam (ayam panggang utuh), kue bolu biasanya sih bolu gula merah atau yang lengkap dengan dekorasi mentega warna warni
Plus nasinya juga.

Jadi kemaren ceritanya, saya sudah dibantu Mama mempersiapkan rantang ini (sebenarnya Mama yang nyiapin hehe).
Yach sudah ngga bisa seperti aturan aslinya, abisnya saya juga lagi hamidun besar begini, dan Mama saya sangat sibuk.
Alhasil rantang saya isinya Rendang, Asam Padeh Ikan, Buah-Buahan, Rakik macho (Kerupuk Ikan), Kue-kue kampung sperti lapek bugih, nagosari, dan lapek pisang.

Alhamdullilah mertua saya itu baik banget...kemaren saya tidak bisa menemani si Uda pulang kampung (mesti perjalanan 5 jam) dan waktu itu juga ngga mikir buat nyiapin rantangnya. Ibu mertua malah mengunjungi menantunya, senangnya serasa jadi menantu kesayangan (halah GEER). Jadi mama Sangir (biasa saya manggil mertua), berbuka dirumah bersama dengan keluarga ipar saya. Rantangnya ya dibongkar ulang langsung dihidang buat di meja.

Saya bersyukur banget keluarga suami ngga ribet, mengingat pada waktu awal menikah pun saya tidak sempat menjalang mintuo, karena waktu cuti saya dan uda sangat terbatas. Selama ramadhan saya lagi hamil besar, dan Insya Allah lahiran sekitar lebaran, mungkin tidak sempat untuk menyiapkan rantang-rantang nya.

Yang jelas harus mempelajari adat Solok (adat kampungnya Uda) terus nih...

Sumber lengkap tentang adat minang ada disini
http://bundokanduang.wordpress.com

Aug 23, 2010

Menikmati cuti di Padang

Sudah seminggu ini menghabiskan cuti di Padang.
Kota Padang sedikit terasa sepi ramadhan ini, karena kebetulan ramadhan ini bertepatan dengan liburan mahasiswa. Jadi jika kita melalui daerah seperti Jati, air tawar dan kampus pasar, daerah ini sedikit sepi.

Alhamdullilah, perjalanan Jkt-Padang, 1.5 jam tidak terlalu membuat stress bu mil. Tapi tetap jaga-jaga minum obat kontraksi.
Berbuka di rumah, pastinya ada makanan favorit, gulai tunjang ikan bakar, dan telor dadar. Yummy...

Hari ke 2 di Padang, paginya si Uda senang banget tuh reunian teman-teman di kantor perwakilan nya Padang. Ada rifka, bayu, rika. Nama uda juga udah terdaftar untuk upacara bendera di Padang, jadi harusnya nanti waktu kembali ke Pontianak tidak ada masalah apa-apa.

Siangnya kita survey beberapa rumah sakit di Padang.
Dokter-dokter yang direkomendasikan di Padang oleh teman-teman,
- dr. Hariady --( rumah sakit Restu Ibu, Yos sudarso)
- dr. Yusrawati --(Rumah sakit Ibnu Sina dan BMC, Siti Rahmah)
- dr. desmiarty -- (rumah sakit bersalin an nisa)
- dr. suhaemi --( rumah sakit bunda)

Untuk fasilitas memang yang paling bagus rumah sakit islam siti rahmah, tapi sayangnya dr. yusrawatinya akan cuti lebaran jadi otomatis tidak ada dokter perempuannya. Huhuhuhu........masih dilema untuk ke dokter pria.

Untuk biaya, pastinya rumah sakit di Padang lebih murah dibandingkan Jakarta. Untuk caesar paling mahal di An Nisa sekitar 12 juta. Di jakarta minimal caesar hampir 20 juta.
Tapi fasilitasnya An Nisa menurut saya tidak terlalu istimewa, cuma karena rumah bersalin ini udah berdiri sejak saya belum lahir, jadi terkenal kali ya...

Saya juga sudah ketemu toko perlengkapan bayi yang harganya bersaing.
Namanya toko Winnie di kampung cina, ini referensi nya Mamanya Ayya Iad. Sebagai perbandingan waktu saya tanyakan, breast pump pigeannya IDR 290K, di Jakarta juga sekitar segitu. Terus baju-baju bayi merek fluffy, sekiar IDR 9K. Oh ya ngetes pake refil mitu isi ulang dijual IDR 11K (dulu kan saya jual dikantor dpt dari pabrik dijual IDR 10K).
Peralatannya juga lengkap-lengkap dan lucu. Kemaren beliin Ayya baby neckring buat Ayya berenang. Lucu bangettt...

Yang baru di Padang? baru ada JCO and Breadtalk aduhh antriannya minta ampun.
Terus foodmart (supermarketnya Matahari)..minta ampun juga sussah parkirnya.
Manajemen Perpakiran nya tidak dipikirkan sehingga yang ada mobil-mobil parkir di bahu jalan, alhasil pasti membuat macet.

Sampai hari ini sih saya belum ada berbuka keluar (kayak puasa aja), makanan dirumah lebih menarik, dibarengi acara favorit saya "Babuko Perai "/berbuka Gratis di Padang TV. Konsep acaranya cukup kreatif, wisata kuliner dikota Padang, tapi mengundang orang yang kurang mampu untuk ikut berbuka gratis. Bagi pemilik restoran yah lumayan sebagai sarana iklan juga, dengan modal memberikan fasilitas makan gratis bagi keluarga yang diundang plus beberapa crew tv.

Bisnis makanan di Padang ini memang woow. Dimana-mana semua orang kayaknya jualan makanan yaa..sekarang tergantung sapa yang bisa survive.

Aug 18, 2010

Gamis Day at office



Ceritanya para ibu-ibu yang berkerudung janjian untuk memakai Gamis di hari pertama puasa. Jadilah di hari pertama puasa kami bergamis ria. Nah ini abis pengajian Pak Aceng Karimullah...manis yaa kalo semua muslimah bergamis ria
Seru juga ketemu dilift dari lantai 1 sampai 17 suasananya jadi islami.
Jujur, saya belum pernah punya gamis sebelumnya. Rasanya agak kurang pede dengan gamis dan kesannya berat banget. Selama ini untuk kaos kaki saya juga masih suka on off, padal saya tau kaki kan termasuk aurat muslimah. Huhuhuhu semoga bisa jadi lebih baik masih sedang dalam mencoba.

Kembali ke gamis tadi, nah ternyata ibu-ibu dikantor baru pada heboh ngeliat mak bun mak buncrittt....karena kemaren perut saya ga terlalu nonjol. Nah jadilah ini gamis pertama saya. Belinya juga ngga terlalu mahal, beli dikantor (biasa yang dagang di kantor kan banyak) IDR85K,kalau di toko harganya IDR 125K.

Btw ini mak bun waktu masih single, sok eksis yaaaaaaaaa dowhh masih gauulll banget


Kalau ini ibu-ibu muslimah di lantai 15, jadilah saya ketua suku perut buncit. Udah keibuaan yaaaaaaa

Senam Hamil Hepi

Kemaren edisi senam hamil mellow yang ini baru hepi.
Misua udah datang baru deh semangat senamnya.
Dan timingnya kita datang pas, jadi bisa kontrol ke dokter terus liat presentasi dari Cinere dan senam hamil.
Jam 9 udah di Cinere Hosipital dapat antrian nomer 7. Daftar senam hamil, dan topiknya minggu lalu bagus banget Persalinan Normal, untuk intervensi persalinan dokter Ratih diganti dengan Persalinan Normal.
Bidannya namanya bidan Eri. Baru tau kalo untuk anak pertama itu ternyata rata-rata satu kali pembukaan membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jadi kalau ada 10 pembukaan sekitar 10 jam (asoy geboyy dah tuh!!) Dan untuk proses kelahiran maksimal adalah 30 menit, ini menit-menit yang paling penting, ngeden tidak boleh sembarangan, tidak boleh buang tenaga. Jadi dari sekarang ayoo siapkan tenaga, tidak boleh begadang dan harus rajin latian pernafasan
Karena kalau lebih dari 30 menit, maka biasanya dokter akan melakukan intervensi persalinan normal, bisa jadi bayinya di vacuum, atau mungkin caesar.

Oh ya yang saya lupa kemaren adalah menanyakan masalah ari-ari. Kalau ari-ari bayi dibawah kemungkinan besar jalan bayi untuk normal tertutup. Tapi dokter kemaren ngga ngomentari ari-ari berarti asumsi saya bisa normal.
Semoga bisa normal, tapi baby diba di minggu ke 34 kepalanya belom turun, masih miring. Harusnya di minggu ke 36 sudah turun kebwah panggul. Harus lama sujudnya.
Kalau kepala bayi belom turun ngga boleh melakukan gerakan seperti ngepel, karena takutnya yang turun tangan bayi atau yang lainnya, jadinyya terjepit.
Baby DIBA udah hampir 2.3 kg masih ada waktu untuk naikin berat badan, ayoo semangat makaaann.

Untuk latihan ngeden nya pas didampingi Uda baru deh mami Debi ngga bete lagi.
Yang ada tiap kaki diangkat ama Uda, sayanya kentut-kentut terus, makin ketawa makin keras kentutnya adauuuhh maluu. Kata Uda ada yang nyeletuk "eh ada yang kentut"..

Pulangnya dari Cinere ke kantor beresin workstation, baru pulang.
Cita-cita buat shopping barangnya DIBA ke ambasador batal, udah keburu cape.
Next plan, mencari info senam hamil di Padang

Aug 12, 2010

Senam Hamil Mellow




Ceritanya Sabtu lalu, jadi juga ikut senam hamil di Cinere Hospital

Ada sekitar 15 orang ibu-ibu yang mau brojol. Biayanya IDR 40K dpt kacang ijo aqua plus telor plus baju ganti (kalo mo pake). Mulai jam 11.00 - 12:30.
Oh ya sejam sebelom itu ada presentasi dari dokter obgyn, minggu depan temannya intervensi kehamilan oleh dokter Ratih (kenapa yang normal tiba2 jadi caesar, kenapa di vacuum dan lain2. Fasilitasnya ada kasur dan bantal (diajarin tidur yang baek juga, ada mommy wanna be yang bener-bener ketiduran saking relaxnya, bangun-bangun dia jadi maluu ......... Btw ini fotonya ambil dari website nya Cinere, maklum lagi bete jadi ngga mau poto-poto

Ternyata kemaren saya sempat salah tidurnya, (miring ke kekanan itu justru membuat oksigen buat bayi agak kurang) Lebih baik ke kiri, tangan ke belakang (kaki kiri lurus dan kaki kanan boleh tidak lurus, terus kasih bantal diantar kaki kiri dan kanan)
Kemaren kebetulan Mama Eyang nganterin abis dari Yogya (malamnya puas makan mbok berek!!! 2 ekor!!!). Jadi saya aja yang ditemenin ama nyokap yang lain ama misuanya semua.

Pertama kali senam hamil saya juga agak bingung, tapi ya udah ikutin aja
Mulai dari hypno theraphy terus ada muhasabahnya (renungan) berdoa dan bersyukur betapa hebatnya amanah Allah tersebut berada di dalam rahim mana musiknya sayup-sayup....hiksssssss pada nangis dehh tapi ketika kita buka membuka mata kita harus tersenyum di kaca (susah Suster..orang abis nangis!!). ......jadi sedih kadang egois ngga meratin gizi baby DIBA, aku tancap aja makan mie, dan lainnya. Terus kadang malas makan sayur. Padal adek bayi ngarepin banget nutrisi yang sehat.

Ya gerakan-gerakan senam hamil sebenarnya sama dengan pemanasan kalau kita mau senam cuma kelebihannya nafas lebih diatur.
Ada juga tips bagi para ibu yang kepala bayinya belum turun ke tulang panggul dan bayi sunsang. Btw katanya sih kalo pas melahirkan rata-rata lupa tuh semua tips senam hamil.

Bagian akhirnya ini jelas bikin Mami Debi mellow abisssssss...
Susternya manggilin para bapaknya...untuk nemenin belajar ngeden dan pas kontraksi dan pembukaan. Terus cara mijit bu milnya juga....
Kiri kanan ama misuanyaaaaa daku praktek sendirriiiiiiiii huuuuuuuuuuu....
Pulangnya langsung nelp Uda

Uda : gimana senam hamilnya..?
Debi : bagus, tapi sebel ngga ada Uda
Uda : iya sayang peratiin aja intruksi nya, nanti kan bisa Uda coba
Debi : Ngga mau...debi pura-pura ngga denger aja
Uda : Kok gitu??
Debi : Pokoknya tadi debi ndak peratiin udah lupa,
Uda : yach sayang kok gitu
Debi : Pokoknya besok kalo tanggal 14 ndak ke jakarta debi ndak ikut senam hamil..
*mulai berkaca-kaca niee matanya bibir udah monyong banget!!!)
Uda : iya Uda usahain sekalian kontrol yang terakhir ama dr dewi nya ya
Debi : hmmm...awas kalo ndak

beberapa jam kemudian Mami Debi menyesali membikin si Uda jadi repot abis kena nasehat ama Mama Eyang

Debi : Kalo ndak bisa ke Jakarta ndak pa2 tadi Debi dijemput ama sari aja atau Mama
Uda : tanggal berapa sayang mo pulang??
Debi : tanggal 16 aja lah yang bisa jemput debi aja, ndak apa debi senam hamil lg
Uda : katanya awassss kalo ndak pulang ehhehehe
Debi : YAAAAAAA terserah Uda ajaa yang gampangnya (masih setengah hati sih*)

Dasar bumil emang plin plaaaaaannn. Tapi dalam hati tetap ngareeeeep.com

Akhirnya besok Uda datang Jumat sore. Jadi sabtu pagi bisa konsul ama minta surat buat naik pesawat terus senam.
Minggu nya mo cari baby stuff deh (tapi ini kayaknya terancam batal deh secara si Uda puasa)
Hmmm puasanya Mami Debi absen dulu abis baby DIBA masih 1.8kg takutnya kalo nanti minggu nya lebih cepat, bayinya masih kurang beratnya.

Minggu ini nice week!! awesome
- A week with my mom bener-bener dimanjain hehehe....baju disetrikain, makan disiapin
- Uda is coming
- Cuti udah OK tanggal 16 ready to Padang
- My sista will be in Padang dari tanggal 16-30 (jadi ada yang masakin)
- Hand over buat kerjaan udah 85% lengkap

Except
- Farewell to my best friend Yesti, rotate to Makasssar (when's my turn boz??)
jadi Jumat sore ini planning buatin spaghetti pesanannya Yesti
"Bongky aq harus makan spaghetti buatan muuuu sebelum aq ke makassarrrrrrrrr!!

- Browsing online buat baby stuff belom sempattt abis kerjaan masih setumpukkk!!! nasib krocooo mumeeeeeeeeeet

- Merapikan workstation biar lebih manusiawi!!