Jul 13, 2014

my homemade martabak kubang

Makanan Padang itu semuaaanya ajib ajib enaknya. Favorit saya, sate padang, martabak kubang, dan lontong gulai cubadak (nangka). Kalo di Jawa itu adanya martabak telor, beda, martabak telor kulitnya juga lebih garing dan cara membuatnya ditarok kulitnya dulu, disiram minyak, baru isinya dimasukin. 

Nah kalo martabak kubang itu dilipat, diisi, baru digoreng *bukan pake minyak ya, pake margarine aja. Kuahnya juga berbeda, kalau martabak telor itu kuahnya biasanya acar ya ada timun dan bawang merah, kalau martabak kubang itu campuran kecap asin, gula merah, cuka, dan irisan cabe rawit, tomat dan bawang bombay. Kalau di Jakarta selain di jalan Saharjo itu kayaknya wajib deh didatangin. Berhubung jauh, kami suka makan di pelataran kampung kandang *mulainya sore yak jangan datang siang, tapi harus bilang ke Uda yang jual bilangnya Mesir. Yang jual orang Padang juga *horee. 

Kalau sudah merantau jauh begini, yang muncul di lidah pasti yang ngga ada aja. Di Sydney sih banyak makanan Padang, tapi martabak kubang belum nemu. Jadi marilah kita browsing browsing.
Ketemu dan meraba-raba rasa resep chef ini  akhirnya buat. Alhamdullilah, mirippppp ama di Padang, waktu masak udah menyesuaikan sendiri ya bumbu-bumbunya.
diambil dengan samsung tab GT-P5100, edit snapseed dan phonto
Di Padang ada tempat yang lumayan ramai buat makan martabak, di Hayuda di pasar, Hayuda Ulak Karang, Malabar. Kalau favorit kami malam mingguan ya di Malabar di depan mesjid Raya Padang tapi ujung-ujungnya saya ngga pesan martabak disana, gulai kambing *mbeeekk doyaan! plus teh tarik dingin. Bahagianya, cuma ngomel-ngomel badan bau asap. 
Untuk martabak, kami sekeluarga lebih suka Hayuda yang di ulak karang samping rumah makan lamun ombak, kuahnya pas, dagingnya juga lumayan banyak. Harganya aja kurang pas yak, dibandingkan beli nasi beneran di warung sebelahnya. 

Yang harus sabar itu adalah merendam kulit martabaknya selama 2 jam. Terakir sabar memotonya sebelum qania ribut, karena itu favoritnya dia, dengan request tidak pakai daun bawang yak mami, kalau ngga qania kulitnya aja *jadi roti cane deh.



Ini ya saya copaskan resepnya.


Bahan :
Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu
135 ml air
50 ml minyak goreng
garam
semua diuleni sampai tidak lengket di tangan, bagi beberapa bagian 50 gr lalu rendam dalam minyak selama dua jam
Bahan Isi daging:
200 gr daging rebus potong dadu
3 lembar daun jeru
1 btg  serai
Bumbu kari
Kecap manis
100 mi Santan
1/2 bwg bombay cincang
garam-merica- secukupnya
Bumbu halus :
5 siung bawang putih
2 ruas jahe
10 biji  bawang merah
20 gr kemiri
Tumis semua bahan diatas masak sampai seperti kalio  sisihkan

Bahan capuran isi :
100 gr bawang Bombay iris tipis
50 gr irisan baeang pray
50 gr irisan seledry
30 gr irisan cabe kriting hijau
Bahan kuah:
Irisan tomar
Irisan cabe hijau
Irisan bawang Bombay
Kecap asin
Gula pasir
Cuka
Bumbu kari
Air
Caranya : rebus air masukan kecap asin cuka /asam jawa kemudian masukan garam gula putih angkat diamkan sampai dingin kemudian amasukan irisan cabe ,irisan bawang Bombay dan irisan romat hidangkan denag martabak
Penyelesaian :Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan digilas-gilas). 
Ambil mangkok, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling,orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang,garam, merica. Aduk-aduk. Untuk adonan kulit yang kedua, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yg pertama, begitu juga untuk isinya.


Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang. Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya.


oh ya ini salah satu foto pertama saya belajar, menggunakan pengambilan tekhnik 90derjat, kalo 45 derjat belom dapat feelingnya yak, masih jauh dari sempurna, tapi i really love them! keep practising debi!

Dumping Day, tau ggak ?

Apa itu dumping day?

Di sini ya karena orang-orang kebanyakan tinggal di flat, atau apartmen. rumah hanya untuk mereka yang tajjerr kayaknya secara mahaaalll sekaleee. Jadi ngga punya space besar, makanya barang-barang yang ngga perlu ya harus dibuang alias dumped. Nah disini kebanyakan orang pake teori, beli satu keluar satu. Jangan kayak kita ya beli satu *oh maaf saya itu, yang lamanya simpaaan ampe rumah penuh berasa masih perlu aja.

Nah setiap kelurahan itu udah ngatur jadwal dumping. Jadwal dumping itu bisa diliat di web setiap kelurahan. Nanti tiap kelurahan dipecah lagi ke RT nya, kayak saya RTnya Macquarie Kelurahan City of Ryde, itu berada zone 8 clean up nya ada 4x dalam setahun. Jadwalnya 8 sept, 17 nov, 16 feb dan 27 apr.

Terus what so special about dumping?  Buat kita yang temporary tinggal disini itu kayak nyari harta karun. Secara yang didumping itu sofa, meja, matras, tv, heater dan lain lain. Biasanya kondisinya macam macam.
Kalau kami tinggal di wilayah RT Macquarie ini kebanyakan student, mau pulang back for good. Jadi harus mengosongkan unitnya. Unit yang kita sewa itu harus persissss samaa sewaktu kita masuk, cuma isinya karpet ama kitchen set. Bolong bolong di dinding atau mau narsis pake frame di dinding, lupain deh, daripada duit jaminan kita melayang xixiixixix. Kalau dapat yang bagus Alhamdullilah, dpat yang udah rusak yaa dumping lagi deh.

Sebenarnya aturan dumping juga ada, kayak membuang TV, computer,gas, ban mobil, buangan pembangunan rumah, jendela,  itu ngga boleh. Trus ukurannya juga udah diatur. Kalau mau ya minta dijemput pakai service khusus pastinya bayar. Tapi biasanya orang tarok aja didepan rumah, dipingggir jalan. Lucuuu bangett ngeliatnya. Untuk baju baju juga tidak diperbolehkan, kalau mau membuang, nanti ada bin khusus tempat recycle baju bekas. Biasanya para volunteer di gereja gitu yang mencuci, merapikan, kalo ada jaitannya jelek, nanti dijual untuk charity. Kalo jelek banget ya dibuang.

Membuang barang selain dari jadwal yang dikasih itu ILLEGAL, bisa kena denda. Berabeee. Tapi yaa penyakitnya orang yang mau pindah kadang kan ngga sesuai dengan jadwal dumping, akhirnya jalan-jalan jadi ngga rapi. Ini jadi isu juga buat pemerintah disini.
Begini contoh foto dumping, ngambil dari sini ya , scara tiap mau moto keluarnya pas malam, gelap, pas paginya barang-barangnya udah diangkut.



Oh ya selain nunggu dumpingan di jadwal, sebagai orang Indonesia yang sementara disini wajiib datang ke rumah orang-orang Indonesia yang mau pulang udah selesai kuliahnya hahaha, dumpingannya malah udah ditandain, ini punya mami qaniaa,ini punya mbak x, dan sebagainya.

Alhamdullilah, qania punya 1 ototped , 3 sepeda semua dumpingan, ada yang ditarok dijalan, ada yang dumpingan dari yang mau pulang. Tinggal beli helm aja. Pakai helm wajib buat anak-anak, karena ada polisi yang suka patroli, biar cuma main di taman yaakk tetepp kalo udah naik sepeda atau otopednya helm kudu on yak. Kalo ngga denda hampir $200 alias 2 jeti.

Baju-baju dingin saya dan qania mayaaan nambah, secara tu baju bakal ngga kepake di Indonesia, alamat diwariskan buat kami xixixiixix. Alhamdullilah duit bisa ditabung buat beli mixer bosch *nah lo

Oh ya selain nyari dumpingan baik dari orang Indo atau ngikutin jadwal dumping, kita bisa dapat barang-barang gratis di gumtree. Jadi gumtree itu kayak kaskus di Indonesia, ada yang jual, ada yang ngasih saratnya ambil sendiri. Pertimbangan mereka yang ngasih, kalau minta dijemput oleh city councilnya malah mereka harus bayar, scara sofa2nya gede2 bowk. Jadi mending dikasih gratis buat yang mau ngambil. Ini sofa, table coffee, tv set dengan mejanya, meja makan, *ng keliatan yak, semuanya gratis dari gumtree.com. Ini sofa ciyuuus gedee bingit, masih ada temannya disamping tempat saya moto.


Begituu cerita dumpingan, kalo ngga mau dumping bisa juga nyari garage sale, harganya murah murah, biasa mau pindah rumah atau bersih bersih rumah, iklan garage sale juga banyak di koran di gumtree juga banyak.

#7 Ramadhan Reminder: Sujud Sahwi

Tadi malam sewaktu sholat Isya di mushola Macquari saya pertama kali melakukan sujud sahwi sebelum salam. Setau saya cuma sesudah salam, terus sujud sahwi. Nah Imamnya sebelum sholat tarweh menjelaskan minta maaf tadi dia saya salah, nah artikelnya saya tambahin ya, biar saya baca n jadi melek. Jadi sesudah tahyatul akhir sebelum salam, sujud sahwi 2 rakaat baru langsung salam.

 http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/sujud-sahwi-3-tata-cara-sujud-sahwi.html

Shidiq Hasan Khon rahimahullah berkata, “Hadits-hadits tegas yang menjelaskan mengenai sujud sahwi kadang menyebutkan bahwa sujud sahwi terletak sebelum salam dan kadang pula sesudah salam. Hal ini menunjukkan bahwa boleh melakukan sujud sahwi sebelum ataukah sesudah salam. 


Intinya, jika shalatnya perlu ditambal karena ada kekurangan, maka hendaklah sujud sahwi dilakukan sebelum salam.Ustadnya dalam bacaannya beberapa kali salah pada waktu rakaat pertama.
 Sedangkan jika shalatnya sudah pas atau berlebih, maka hendaklah sujud sahwi dilakukan sesudah salam dengan tujuan untuk menghinakan setan.
Adapun penjelasan mengenai letak sujud sahwi  sebelum ataukah sesudah salam dapat dilihat pada rincian berikut.
  1. Jika terdapat kekurangan pada shalat –seperti kekurangan tasyahud awwal-, ini berarti kekurangan tadi butuh ditambal, maka menutupinya tentu saja dengan sujud sahwi sebelum salam untuk menyempurnakan shalat. Karena jika seseorang sudah mengucapkan salam, berarti ia sudah selesai dari shalat.
  2. Jika terdapat kelebihan dalam shalat –seperti terdapat penambahan satu raka’aat-, maka hendaklah sujud sahwi dilakukan sesudah salam. Karena sujud sahwi ketika itu untuk menghinakan setan.
  3. Jika seseorang terlanjur salam, namun ternyata masih memiliki kekurangan raka’at, maka hendaklah ia menyempurnakan kekurangan raka’at tadi. Pada saat ini, sujud sahwinya adalah sesudah salam dengan tujuan untuk menghinakan setan.
  4. Jika terdapat keragu-raguan dalam shalat, lalu ia mengingatnya dan bisa memilih yang yakin, maka hendaklah ia sujud sahwi sesudah salamuntuk menghinakan setan.
  5. Jika terdapat keragu-raguan dalam shalat, lalu tidak nampak baginya keadaan yang yakin. Semisal ia ragu apakah shalatnya empat atau lima raka’at. Jika ternyata shalatnya benar lima raka’at, maka tambahan sujud tadi untuk menggenapkan shalatnya tersebut. Jadi seakan-akan ia shalat enam raka’at, bukan lima raka’at. Pada saat ini sujud sahwinya adalah sebelum salam karena shalatnya ketika itu seakan-akan perlu ditambal disebabkan masih ada yang kurang yaitu yang belum ia yakini.

Apakah perlu tasyahud setelah sujud kedua dari sujud sahwi?

Pendapat yang terkuat di antara pendapat ulama yang ada, tidak perlu untuk tasyahud lagi setelah sujud kedua dari sujud sahwi karena tidak ada dalil dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menerangkan hal ini. Adapun dalil yang biasa jadi pegangan bagi yang berpendapat adanya, dalilnya adalah dalil-dalil yang lemah.
Jadi cukup ketika melakukan sujud sahwi, bertakbir untuk sujud pertama, lalu sujud. Kemudian bertakbir lagi untuk bangkit dari sujud pertama dan duduk sebagaimana duduk antara dua sujud (duduk iftirosy). Setelah itu bertakbir dan sujud kembali. Lalu bertakbir kembali, kemudian duduk tawaruk. Setelah itu salam, tanpa tasyahud lagi sebelumnya.
Do’a Ketika Sujud Sahwi
Sebagian ulama menganjurkan do’a ini ketika sujud sahwi,
سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو
Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw” (Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa).[4]
Namun dzikir sujud sahwi di atas cuma anjuran saja dari sebagian ulama dan tanpa didukung oleh dalil. Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan,
قَوْلُهُ : سَمِعْت بَعْضَ الْأَئِمَّةِ يَحْكِي أَنَّهُ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَقُولَ فِيهِمَا : سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو – أَيْ فِي سَجْدَتَيْ السَّهْوِ – قُلْت : لَمْ أَجِدْ لَهُ أَصْلًا .
Perkataan beliau, “Aku telah mendengar sebagian ulama yang menceritakan tentang dianjurkannya bacaan: “Subhaana man laa yanaamu wa laa yas-huw” ketika sujud sahwi (pada kedua sujudnya), maka aku katakan, “Aku tidak mendapatkan asalnya sama sekali.[5]
Sehingga yang tepat mengenai bacaan ketika sujud sahwi adalah seperti bacaan sujud biasa ketika shalat. Bacaannya yang bisa dipraktekkan seperti,
سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى
Subhaana robbiyal a’laa” [Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi][6]
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى
Subhaanakallahumma robbanaa wa bi hamdika, allahummagh firliy.” [Maha Suci Engkau Ya Allah, Rabb kami, dengan segala pujian kepada-Mu, ampunilah dosa-dosaku][7]
Dalam Mughnil Muhtaj –salah satu kitab fiqih Syafi’iyah- disebutkan, “Tata cara sujud sahwi sama seperti sujud ketika shalat dalam perbuatann wajib dan sunnahnya, seperti meletakkan dahi, thuma’ninah (bersikap tenang), menahan sujud, menundukkan kepala, melakukan duduk iftirosy[8] ketika duduk antara dua sujud sahwi, duduk tawarruk[9] ketika selesai dari melakukan sujud sahwi, dan dzikir yang dibaca pada kedua sujud tersebut adalah seperti dzikir sujud dalam shalat.”
Sebagaimana pula diterangkan dalam fatwa Al Lajnah Ad Daimah (komisi fatwa di Saudi Arabia) ketika ditanya, “Bagaimanakah kami melakukan sujud sahwi?
Para ulama yang duduk di Al Lajnah Ad Daimah menjawab, “Sujud sahwi dilakukan dengan dua kali sujud setelah tasyahud akhir sebelum salam, dilakukan sebagaimana sujud dalam shalat. Dzikir dan do’a yang dibaca ketika itu adalah seperti ketika dalam shalat. Kecuali jika sujud sahwinya terdapat kekurangan satu raka’at atau lebih, maka ketika itu, sujud sahwinya sesudah salam. Demikian pula jika orang yang shalat memilih keraguan yang ia yakin lebih kuat,maka yang afdhol baginya adalah sujud sahwi sesudah salam. Hal ini berlandaskan berbagai hadits shahih yang membicarakan sujud sahwi. Wabillahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa aalihi wa shohbihi wa sallam.[10]
Ibadah jelas perlu ilmu, dengan kesibukan duniawi kita terkadang kita sudah mempelajarinya dimasa lalu cuma karna ngga pernah diulang-ulang saya pribadi yaa udah lupa. Okay catatan buat saya sendiri. Makasih imam yang udah sujud sahwi sebelum salam.

Jul 12, 2014

#6 Ramadhan Reminder: 3 kelompok dalam Ramadhan

Di Macquarie Uni Alhamdullilah ada mushollanya.
Asik juga lo dengar pengajian dalam bahasa Inggris, Alhamdulillah brothernya jelas juga bahasa Inggrisnya. Kebanyakan komunitas muslim di kampus Malaysia, Lebanon, India, Indonesia dan Bangladesh. 
Istilah untuk akhwatnya sister, untuk ikhwannya brother.
Jadi kalau kita manggil, atau nyapa, Assalamualaikum Sister, Sister Sarah, begitu.
Kapan-kapan ya saya buat tulisan tentang Mushola Macquarie.

Kultumnya bukan 7 menit, tapi 5 menit. Isya, Tarweh, Ramadhan Advice, Tarweh lagi baru witir. 

Kesimpulan pengajian 5 menit di Musholah Macquarie University

Dalam Ramadhan ada tiga categori orang yak
1. Orang yang memang punya planning dalam rencananya, dan tetap menjadikan acuan rencana, dan punya target. Merekalah orang-orang yang nanti di akhir Ramadhan memetik hasil panennya.

2. Orang yang memang punya planning tapi dalam pelaksanaannya melenceng. Contoh simpel misalnya, niatnya mengundang atau memberikan makan untuk berbuka, tapi terakhirnya acara di rumahnya, dia pribadi ngga jadi tarweh, bergosip dan lain lain. Atau niatnya pengen khatam Quran, tapi dalam pelaksanaannya tidak fokus. Mereka harus kembali ke planning awalnya.

3. Orang yang paling "kasian" very poor. Tidak punya rencana apa-apa, tidak merasa special dengan Ramadhan, membiarkannya berlalu begitu saja, padahal banyak sekali pengampunan yang diberikan Allah.

Jadi kalau kita berada pada level 2 dan 3 mari masih ada waktu untuk berbenah diri di sisa Ramadhan, mengingat belum tentu kita berjumpa lagi di Ramadhan berikutnya.


Jul 5, 2014

belajar food photography

haiii berikut hasil jepretan makanan sayah, yang membuat saya nagih dan nagih lagi buat memasak.

Bukan orang yang bisa ngikutin resep, terus ngetik resep, soalnya semuanya pake feeling, tapi sebisannya nanti saya buatkan yak...Dalam rangka menabung buat camera SLR, oh ya ini semua diambil pake kamera tablet kasiaan yakk. Dari segi ilmu photography masihhh jauuhh, tapi kalo dari respon teman teman di fb semua pada ngiler. Intinya food photo itu bisa membuat orang ngiler deh. Kalo pakem itu dipake dan emang orangnya pada ngiler lanjut minta resep, and ikut buat juga itu sukses dunia akhirat deh.

Semua poto  ini diambil dengan hp tab samsung saya, seri GT-P5100. Jadul banget deh udah hampir 2 tahun umurnya. Pertama kali keluar tab 10 inch.
Dibantu edit program snapseed, photo editor dan untuk textnya saya suka banget pakai phonto. Hasilnya? buat saya pemula udah berasa masterpiece lahhh wkakakaakk. Tolong jangan dicopy paste tanpa seijin saya. #emang ada yang mau 


Resepnya nyari di Mbah Gugel dan nyesuai dengan selera. NO Recipe ya


Ada ya Resepnya silahkan buka di arsip. Pengen buat fot klasik dengan alas koran, tapi setelah diperhatikan kayaknya korannya kudu yang ngga bewarna-berwarna deh.



Ini salah satu foto saya belajar ngeblur, dengan program snapseed.  No Recipe ya. Cuma diolesin saus BBQ aja kok ayamnya terus dipanggang. Simpel tapi keliatan Yummy kan.



Bubur Ayam abang-abang memanfaatkan stock kulkas. Ini pakai resep bubur ayam abang-abang
http://themonza.blogspot.com.au/2012/04/resep-bubur-ayam-ala-abang-abang.html



Ini pertama kali belajar dengan background hitam, ternyata susah karena keliatan hitam tidak merata artinya komposisi cahayanya belum bagus. Tapi saya tetap suka foto ini




Belajar lagi, tapi mencoba main-main dengan properti foto yang berwarna-warna ternyata asik ya. Resep ada di file





Ini capcay juga salah satu foto kesukaan saya, fotonya di teras ngga pakai properti apa-apa. Saya suka kesannya natural.



Ini bakso ayam biasa kok cuma masih punya kuah tom yum. No Recipe ya, pakai feeling. Ini coba main di meja belajar papa qania. Tantanganya mengejar sayurnya supaya keburu ngga layu ama kuah panas tom yum nya. 


Begitulah, selalu ada cerita dibalik setiap makanan, membuat saya terkagum-kagum dengan blog masak para ladies, udah cantik-cantik terus doyan banget ngutak ngatik resep. Semoga bisa nyusul juga yaa blognya jadi lebih cantik juga.

Jul 4, 2014

4 bulan, culture shock qania, progress bahasa inggris

Alhamdullilah udah 4 bulan aja ya kita di sini

Bagaimana jeng qania?

- Bulan pertama, dia sangat excited, pertama setelah berapa bulan ngga ketemu papanya. Trus selama sebulan dia seperti nemuin dream comes true gitu ya, akhirnya dia melihat kangguru, koala, semua binatang yang kita janjiin sewaktu di Padang. Dan dia lebih heboh, karena ternyata banyak binatang yang diliatnya lebih heboh dari kangguru dan koala, ada echidna dengan duri2nya, ada possum, wallaby, tazmanian devil, penguins, matanya langsung  wowww gitu dengan mulut ngangap.
Setiap hari kita main di playground, hebatnya disini setiap jengkal ada tempat bermain anak. Puas lahhh dia bermain.


- Bulan kedua, mulai mengalami masa culture shocked, jangan salah ternyata itu bisa terjadi pada anak-anak yang masih kecil kayak qania. Dia mulai ngga sreg, minta pulang, ingat semua temannya di Padang. Kecewa karena bermain di playground itu ternyata masih membuat dia merasa lonely, banyak anak anak tapi tak satupun dia paham, anak-anak yang main yaa kalo nggak hongkong, india, australi, yaaa mana jelasss ama qania. Akhirnya, dia memutuskan menolak berteman gitu. Biasanya dia selalu bergabung jika ada anak-anak yang main prosotoan, ini justru kebalikannya, dia tukar mainan, dia nungguin aja. sedih deh. Trus di rumah marah-marah. Berat banget deh waktu itu. Karena memang waktu itu saya juga belom terlalu paham kegiatan anak-anak di sekitar Macquarie, tempat kami tinggal.

- Bulan ketiga, saya udah mulai paham dengan kegiatan-kegiatan anak-anak di sini karena sebelumnya memang lagi liburan sekolah jadi rata-rata pada ngga ada. Jadi disini ada kegiatan story time di perpustakaan umum. Macquarie ini kalo di Indonesia masuk kelurahan City of Ryde, nah di dalamnya ada Eastwood, Ryde, Gladesvile, North Ryde dan West Ryde library.  Nah di Eastwood dan Ryde ini kami sering kesini, karena dekat sekali bus aja. Setiap Kamis di Eastwood dan setiap selasa di Ryde.

Awalnya, qania ngga mau duduk dengan temannya, yaaa karena ngga menarik kali yaa denger cerianya juga tak pahaaam. Nah untungnya sesudah story telling time itu ada acara nontonnya (video time), biasanya sesuai topik juga. Lanjut buat craft, nah yang ini yang bisa menyentuh hati qania, karena ngga perlu dengerin orang ngomong cukup liat gambar terus dikerjain. Alhamdullilah ya Allah, dia mulai senyuuum lagi, dan untungnya kita memang udah membiasakan dia lebih tertarik dengan buku daripada mainan, jadilah matanya berbinar2 bisa minjam beraneka ragam buku berwarna warni.  Mulai nanyain kapan kesitu lagi, walaupun masih ngga mau dekat ama anak-anak lain. 






Akhirnya teman pertama qania ada, latisha, anak India, dia nempelin qania terus, luluh juga dia. Dan maknya latisha juga sayang ama qania, sementara saya nyari nyari buku buat diri sendiri, maknya latisha ngajarin latisha ama qania bahasa Inggris.


- Bulan keempat
She is a very happy girl now, banyak bahasa inggris yang mengejutkan yang bukan saya dan si papa ajarkan
karena acara tv anak edukatif sekali, kartun kartun kayak sp***** , atau sha** itu ngga boleh disini, karena dianggap bukan acara anak-anak. Acara ABC playschool, itu favorit qania, biasanya mereka membuat sesutu dr barang bekas, misal gulungan tisue, jadi boneka, terus ntar jadi cerita-cerita lucu.
Good newsnya, udah banyak istilah spontan yang didapatin qania
kayak, good job, just a minute, here we go, time to sleep, time to eat, time to play, what are you doing, smell not good (dengan muka prihatin), 
Yang paling ngeri progress belajar number, kami sih ngga terlalu mengajari qania ya takut nanti kalo sekolah beneran bosan. tapi kami selalu melayani semua pertanyaannya.Bahasa Inggris 1 sampai 29 dia udah bisa, belajar dari si elmo aja tu, tapi pemahaman antara alfabet denngan angka belom bisa.
Jadi kalo 1 dengan 9 itu nineteen. Selanjutnya 1 dengan M itu Mteen. 
Kadang kita tanya kok qania tau itu 26 (duaenam) itu twentysix, jawabnya kan ada di TV mami, it is twentysix.
Bagus,
Tapi ngototnya, ngga ada kata sembilan belas buat qania, karna dia terlanjur nangkapnya satu sembilan. 
Ya ngga papalah nanti dia juga akan paham

Selanjut nya PR kami mencarikan sekolah qania.
Di sini preschool bukan wajib, kindergarten alias tk baru wajib. Dan harga preschool ini bikin kita menangis bombay. Udah mahal, pakai antri pula. Untuk sekolah harus mendaftar paling kurang setahun sebelumnya.
Untuk sementara qania masih waiting list di north ryde Community Preschool.
Disini agak aneh juga ya, batas umur anak itu per tanggal kelahiran. Jadi kalao dia lahir sesudah tanggal 5 Juli itu dia mengikuti tahun ajaran diatasnya. Tapi kalau sbelum itu dia ngikutin dibawahnya.
Harga Feesnya $47.00 per hari umur 4 before 31 July 2014 dan $57.00 per hari umur anak sesudah tgl tsb. Ngeri nggaaa yaaauuu.

Nah untuk mendapatkan harga segitu, kita harus mendapatkan preschool yang terdaftar sebagai Registered Child Care Provider di Departemen Servicesnya, kementrian sosial kali yha kalo dikita. Supaya bisa dapat harga segitu kalau ngga harganya 2x lipat. Untungnya Australian Awards beasiswanya papa qania termasuk dapat diskonan.

Moga qania dapat ya sekolah ini , karena selain dekat, kegiatannya cukup menarik, dan ini termsuk yang udah berpengalaman, khususnya dengan anak anak yang bahasa inggrisnya masih terbatas kayak qania. Semgt qania buat Januari taun depan.

#5 Ramadhan Reminder: Pembatal Puasa


1. Makan dan minum dengan sengaja
2. Muntah dengan sengaja
3. Mendapati haidh dan nifas
4. Bersetubu dengan sengaja
5. Keluar mani karena bercumbu

Konsekuensi dari melakukan Pembatal Puasa
Bagi yang batal puasanya karena makan dan minum, muntah dengan sengaja, mendapati haidh dan nifas dan keluar mani karena bercumbu maka kewajibannya ada menqqada puasa saja.

Tapi bagi yang batal puasa karena bersetubuh di siang bulan Ramadhan, maka selain wajib menqadha wajib juga menunaikan kafarah, kafarah artinya memerdekan satu orang budak,jika tidak didapati maka berpuasa dua bulan berturut-turut. Jika tidak mampu memberi makan 60 orang miskin.

dari belajar islam di rumaysho.com

#4 Ramadhan Reminder: tidur sehabis sahur

Oh ya barusan dapat artikel mengenai tidur sehabis sahur.
Beratt bangett buat saya pribadi, karena jujur habis subuh mata mengantuk, langsung peluk guling.

Ternyata
- Ketika tidur semua organ dalam tubuh akan memperlambat metabolismenya akibatnya makanan tidak tercerna dengan sempurna
- Karena tidak tercerna akan dimakan oleh bakteri buruk (miskin oksigen atau anerob)
- Bakteri menghasilkan zat asam nitrit, SANGAT ASAM
- Tingkat keasamannya bisa membebani sistem metabolisme tubuh, beracun untuk liver
- Sel darah putih akan menambah produksinya untuk melawan bakteri jahat tsb
- Tubuh bekerja keras untuk menghilangkan racun

Boleh tidur, 1 sampai 2 jam setelah makan
Mari usahakan lawan kantuk dengan bertadarus, membaca buku, dan lain-lain.

*Caiyoooooo mami qaniaa zzz...zzz...

#3 Ramadhan Reminder: ngabuburit dan berdoa

Waktu Doa bulan Ramadhan

Waktu yang mustajab untuk berdoa, yaitu berdoa saat menjelang berbuka puasa sampai dengan adzan maghrib. Di Mekkah dan Medinah, satu jam sebelum adzan magrib orang-orang menengadahkan tangdan berdoa untuk kemudahan dari segala hajat, baik hajat dunia maupun akhirat.

Kesalahan kita adalah dengan cara ngabuburit menjelang adzan, saya pribadi juga baru tau. Oh ya artikel artikel ini saya retype ketik ulang dengan bahasa saya, sengaja tidak saya copy paste supaya masukk dikepala saya sambil ngetik. Jadi hendaknya, kita minimal 10 sampai 15 menit sblom adzan magrib dalam keadaan berwudhu meminta apa saja, didahului dengan puji2an kepada Allah dan salawat. Karena Allah menggaransi bahwa doa tersebut akan dikabulkan Allah sesuai prasangka hamba kepadaNya.


#2 Ramadhan Reminder: Good things to do

Good ways during Ramadhan :

1. Start reading Quran daily after salat Al Fajr
2. Spend sometime listening to recitations from the Quran
3. Keep yourself in a state of wudu most of the time
4. Thanx Allah for Good Deeds, and Repent to Him for your mistakes and sins
5. Giving sadaqah daily, no matter how little. Make it a habit like eating and drinking
6. Do extra time nafl prayers such as Tahajjud prayes
7. Spend more time reading Islamic books
8. Evaluate yourself daily before going bed/

from fb.com/islamsystemoflife

#1 Ramadhan Reminder: Specialnya Puasa

Sungguh beruntung orang yang Allah berikan kesempatan untuk berpuasa di bulan Ramadhan, karena

" Puasa itu ibadah special. Ia hanya untuk Allag dan Allah sendiri yang akan mengganjarnya. Pahalanya sangat besar. Lantaran besarnya, Allah rahasiakan jenis pahalanya dan hanya Allah sendiri yang mengetahuinya."

Via Ustadz Abu Ihsan Al Maedani