Mar 20, 2012

Project camilan #2 February Kukis Hias Mini Coret



Hias coret maksudnya ngga jadi dihias..gara-gara udah kecapean :P
Jadi malu bilangnya ya..tapi jujur seumur hidup, belum pernah bikin kue kering. Di rumah sejak saya lahir dari generasi nenek saya ke mama saya juga tidak pernah ada tradisi bikin kue dibulan puasa.
Oma Qania lebih prefer membeli, inget jaman dulu di kantor mama kalau THR dikasih tepung gula mentega, semua nya dikasih ke ART kecuali gula. Mentega ngga abis-abis ampe ketemu lagi deh THR tahun berikutnya.Kalau ditanya kenapa, mama saya bilang repot.
Santai-santai dirumah bareng Icha berhubung suami-suami kita dinas luar kota, awalnya kita mau bikin blackforest (mau nyuri kepandaian mamanya Icha secara mamanya biasa kebanjiran orderan blackforest) yaaaaaaa ngga tau icha nya lagi haram makan coklat karena lambungnya lagi bermasalah. Ngga tega donk saya, masa saya dibantu bikin blackforest tapi yang empunya resep ngga bisa makan,…
Inget qania doyan ama cookies Mil** ya udah bikin kukis mini aja…semua bahan juga udah ada.
Kesimpulannya? Bikin kukis itu guampaaaaaaang..ngga ribet. Ribetnya kalau punya anak kecil yang berantakin semuanya, dari tepung ampe kukis yang udah dicetak. Terus, kalau kita masak sendiri kita tau banget kebersihan makanan kita, apalagi ini kukis berapakali pindah tangan, dari diadon, dicetak, dipindahin keloyang, dihias (kalo dihias), disusun di toples/kotak mika. Saya aja sempat ngupil (lupa cuci tangan lagi gimana hihih :P)


Begini penampakan qania..ampunnn...

Insya Allah besok lebaran kukis mami qania akan hadir di toples meja tamu oma juga jadi oma ngga usah beli lagi :P..oh ya untuk ultah qania yang ke 2 nanti mau planning bikin goodie bag nama kayak punya tante anthie ini :P mana tau teman2 papa qania mo pesan juga buat ultah anaknya *kumat padang.com


Ini Resep kukis Vanilanya, kita buat pake cetakan mini. Resepnya dari buku Mbak Lizzarni

Untuk 400 gram

Bahan:
- 150 gr margarin
- 50 gr gula halus
- 2 kuning telor
- 1sdt pasta vanila
- 250 gram tepung terigu protein sedang
- 25 gr maizena

Caranya :
1. Kocok margarin, gula halus dengan mixer sekitar 2 menit, masukkan kuning telor, kocong kembali hingga rata
2. Masukkan pasta, aduk rata. Masukkan terigu, maizena aduk dengan spatula
3. Cetak adonan dan panggang suhu maksimal 150c dalam 30 menit. Saya pake oven hock api sedang aja, terus kalau adonan udah coklat siap diangkat.

No comments:

Post a Comment

feel free to comment :)