Sep 16, 2014

when you buy a car, petrol in australia


Gaya banget yak beli mobil, cicilan mobil di Indonesia aja belum lunas. Ini pake beli mobil lagi. Eits mobil kayaknya di Australia ni mayan murah ternyata saudara saudara. Jadi sebelumnya kemana-mana kami kan naik train atau bus, well happy aja, tapi transport di Sydney ini luar biasa mahalnya dibandingkan state lain. Buat ke city aja kalau saya itu pp sekitar $6. Belum lagi naik bus kalau masih nyambung.
Bus disini juga pakai zona, zona 1, 2, dan 3. Batas zona itu hitangannya 1x1.3km wilayahnya. Kayak saya ngantar qania, ke zona 2 (3-5 section) sekitar 4km tiket busnya $3.70 sekali jalan, mahal yak?
Jadinya saya suka beli yang travel ten, $29.60 jadi sekali jalan $2.9. Bisa dicek harganya di web nsw transport ya. Kecuali hari minggu, sunday funday $2.5 aja kemana-mana tapi harus bawa anak.

Jadi setelah Pak Doni bekerja pagi siang malam, pagi kerja di mall, siang belajar, malam lanjut kerja di kantoran, terkumpullah duit sedikit demi sedikit. Jangan pikir illegal ya, batas kerjanya 40jam per dua minggu, dan dari beasiswannya pun diperbolehkan. Karena kalau mengandalkan beasiswa dari pemerintah Austalia itu buat yang family kayaknya mefeeeeettt banget. 

Dan setelah menunggu teman yang selesai kuliah dan balik ke Indonesia akhirnya berjodohlah kami ama si maroon ini. Nissan Pulsar, tahun 2002 kondisi terawat seharga $1300. Yang mahal apa? pajak dan asuransinya hampir $1000 pertahun tidak pandang bulu baru atau second Plus perbaikan sedikit sekitar $400 jadi habislah kita papa qania $2700 itu duit beasiswa sebulan euy lap air mata

 Alhamdullilah sekarang kita kemana-mana bisa lebih hemat pakai mobil ini, tentunya lebih nyaman ngga pake kedinginan lari-lari jalan dari station ke rumah. Cuma saya aja yang nyalinya ciut bawa mobil disini, padahal ngga ada angkot yang mepet2 yaaa,ngga ada kejar-kejaran ama tukang ojeg. Huhuhuh abis peraturannya tu banyak banget, dimana-mana speed camera, salah dikit aja denda, denda, ngga bisa pake nyogok pak polisi Astaghfirullah, scara tagihannya dikirim ke rumah. Mencoba pelan-pelan jemput Pak Doni di stasiun kalo ujan lebat, sambil mulut komat kamit. Doakan ya nyalinya banyak



Oh ya gimana mobil teman-teman Indonesia yang lain, bagi mereka yang S3, masa studynya biasa 3-4 tahun, biasa mereka mobilnya lebih tangguh.kayak Jazz sekitar $5000an. Yang S2 selain budget minimalis, kayak kita cuma 2 tahun, biar ngga repot jualnya.

Trus gimana proses beli mobilnya, simpel banget setelah kita transaksi sama yang punya sebelumnya, ntar lapor Motor Registry, udah gitu aja bayar asuransi ama pajaknya. Yang jual mobil kalau mobilnya udah jelek juga susah nyari yang beli, mobil kalau udah kempot-kempot asap item, awasss aja tiba-tiba bisa disuruh polisi berhenti. Dicek ama polisinya, dikasih stiker dikasih waktu disuruh masuk bengkel.karena menurut mereka itu sangat berbahaya. Nah kalau ketangkap lagi dan belum diperbaiki udah deh dendanya. Yang punya mobil bakal mikir biaya perbaikannya, biasanya kalo mahal, ujungnya mreka jual kiloan aja mobil dapet $80  Ngeri ya...jadi merawat mobil penting buat keselamatan diri sendiri, keselamatan orang lain, dan lingkungan. Duhh ampe lingkungan itu sangat penting disini.

oh ya car seat anak a must!, jadi tantangan buat qania yang bisa jungkir balik di mobil, dia harus duduk manis berjam-jam dengan booster seatnya. Booster seat nya untuk anak itu salah yaa kalau saya perhatikan teman di Indonesia saya ngga punya soalnya. Bukan disebelah sopir. Tapi dibelakang kursi yang nyetir jika anak 1 kalau anak 2 baru boleh ditambah disebelahnya kirinya. Booster seat wajib sampai anak umur 10 tahun atau tinggi anak sampai 145 cm baru boleh duduk dibangku normal orang dewasa.
Untuk bayi dibawah 6 bulan posisinya harus kebalik, ngadep kebelakang gambar diambil dari sini



Trus gimana berapa bensinnya? jangan pake demo yaa..disini harga bensin berubah setiap hari. Biasanya perubahan harga itu naik ke angka maksimal tertinggi terus pelan-pelan turun  dalam 2 minggu ke angka terendah. Kalau displaynya 156.7 jangan kaget, itu bukan 159dollar, tapi maksudnya 1 liter adalah 59cents. Itu termahal kayaknya kalau rata-rata termurah di level 133dollar. Harga pompa bensin sangat bersaing, makin ke area yang agak pinggiran makin murah, tapi makin ke city biasa makin mahal. Biasanya kita mengisi 35 dollar itu udah bleber tangki bensinya. Bisa jalan-jalan kemana-mana seminggu.

Pelayanannya? kita isi sendiri, karena biaya labor itu disini mahal minimal $25/jam semua fasilitas udah banyak diganti ama self service. Isi sendiri, pencet sendiri ntar bayar di konternya. Oh ya paling seru juga kayak ke supermarket gitu juga ke kasirnya bayar sendiri, pencet-pencet sendiri menguji kejujuran kita bowk, scara buah-buahan yang mahal bisa aja kan kalau kita bikin buah yang harganya lebih murah, percaya aja ni orang semuanya. Masukin coinnya, ntar kembaliannya keluar sendiri deh. Hadewh jaman saya 15 taun ke Tasmania ngga ada begituan, jadi kalo ke supermarket disini selalu  melongo ndeso xixiixixi..

Trus ntar jualin mobilnya gimana? biasanya yang beli sesama mahasiwa juga, biasanya udah di booking yang ini saya yang ambil balablaba, moga si maroon bisa menemani kita ya. Perjalanan terjauhnya kemaren ke snowy mountain, 6 jam dari Sydney mulus. Alhamdullilah moga kita cocok terus ya maroon.....kita jalan lagi yaaaakk....

1 comment:

  1. happy benerrr bisa jalan2x teroooss... kangen ih sama mami qania... hehe..

    ReplyDelete

feel free to comment :)