Jul 13, 2014

Dumping Day, tau ggak ?

Apa itu dumping day?

Di sini ya karena orang-orang kebanyakan tinggal di flat, atau apartmen. rumah hanya untuk mereka yang tajjerr kayaknya secara mahaaalll sekaleee. Jadi ngga punya space besar, makanya barang-barang yang ngga perlu ya harus dibuang alias dumped. Nah disini kebanyakan orang pake teori, beli satu keluar satu. Jangan kayak kita ya beli satu *oh maaf saya itu, yang lamanya simpaaan ampe rumah penuh berasa masih perlu aja.

Nah setiap kelurahan itu udah ngatur jadwal dumping. Jadwal dumping itu bisa diliat di web setiap kelurahan. Nanti tiap kelurahan dipecah lagi ke RT nya, kayak saya RTnya Macquarie Kelurahan City of Ryde, itu berada zone 8 clean up nya ada 4x dalam setahun. Jadwalnya 8 sept, 17 nov, 16 feb dan 27 apr.

Terus what so special about dumping?  Buat kita yang temporary tinggal disini itu kayak nyari harta karun. Secara yang didumping itu sofa, meja, matras, tv, heater dan lain lain. Biasanya kondisinya macam macam.
Kalau kami tinggal di wilayah RT Macquarie ini kebanyakan student, mau pulang back for good. Jadi harus mengosongkan unitnya. Unit yang kita sewa itu harus persissss samaa sewaktu kita masuk, cuma isinya karpet ama kitchen set. Bolong bolong di dinding atau mau narsis pake frame di dinding, lupain deh, daripada duit jaminan kita melayang xixiixixix. Kalau dapat yang bagus Alhamdullilah, dpat yang udah rusak yaa dumping lagi deh.

Sebenarnya aturan dumping juga ada, kayak membuang TV, computer,gas, ban mobil, buangan pembangunan rumah, jendela,  itu ngga boleh. Trus ukurannya juga udah diatur. Kalau mau ya minta dijemput pakai service khusus pastinya bayar. Tapi biasanya orang tarok aja didepan rumah, dipingggir jalan. Lucuuu bangett ngeliatnya. Untuk baju baju juga tidak diperbolehkan, kalau mau membuang, nanti ada bin khusus tempat recycle baju bekas. Biasanya para volunteer di gereja gitu yang mencuci, merapikan, kalo ada jaitannya jelek, nanti dijual untuk charity. Kalo jelek banget ya dibuang.

Membuang barang selain dari jadwal yang dikasih itu ILLEGAL, bisa kena denda. Berabeee. Tapi yaa penyakitnya orang yang mau pindah kadang kan ngga sesuai dengan jadwal dumping, akhirnya jalan-jalan jadi ngga rapi. Ini jadi isu juga buat pemerintah disini.
Begini contoh foto dumping, ngambil dari sini ya , scara tiap mau moto keluarnya pas malam, gelap, pas paginya barang-barangnya udah diangkut.



Oh ya selain nunggu dumpingan di jadwal, sebagai orang Indonesia yang sementara disini wajiib datang ke rumah orang-orang Indonesia yang mau pulang udah selesai kuliahnya hahaha, dumpingannya malah udah ditandain, ini punya mami qaniaa,ini punya mbak x, dan sebagainya.

Alhamdullilah, qania punya 1 ototped , 3 sepeda semua dumpingan, ada yang ditarok dijalan, ada yang dumpingan dari yang mau pulang. Tinggal beli helm aja. Pakai helm wajib buat anak-anak, karena ada polisi yang suka patroli, biar cuma main di taman yaakk tetepp kalo udah naik sepeda atau otopednya helm kudu on yak. Kalo ngga denda hampir $200 alias 2 jeti.

Baju-baju dingin saya dan qania mayaaan nambah, secara tu baju bakal ngga kepake di Indonesia, alamat diwariskan buat kami xixixiixix. Alhamdullilah duit bisa ditabung buat beli mixer bosch *nah lo

Oh ya selain nyari dumpingan baik dari orang Indo atau ngikutin jadwal dumping, kita bisa dapat barang-barang gratis di gumtree. Jadi gumtree itu kayak kaskus di Indonesia, ada yang jual, ada yang ngasih saratnya ambil sendiri. Pertimbangan mereka yang ngasih, kalau minta dijemput oleh city councilnya malah mereka harus bayar, scara sofa2nya gede2 bowk. Jadi mending dikasih gratis buat yang mau ngambil. Ini sofa, table coffee, tv set dengan mejanya, meja makan, *ng keliatan yak, semuanya gratis dari gumtree.com. Ini sofa ciyuuus gedee bingit, masih ada temannya disamping tempat saya moto.


Begituu cerita dumpingan, kalo ngga mau dumping bisa juga nyari garage sale, harganya murah murah, biasa mau pindah rumah atau bersih bersih rumah, iklan garage sale juga banyak di koran di gumtree juga banyak.

1 comment:

feel free to comment :)