Jul 4, 2014

4 bulan, culture shock qania, progress bahasa inggris

Alhamdullilah udah 4 bulan aja ya kita di sini

Bagaimana jeng qania?

- Bulan pertama, dia sangat excited, pertama setelah berapa bulan ngga ketemu papanya. Trus selama sebulan dia seperti nemuin dream comes true gitu ya, akhirnya dia melihat kangguru, koala, semua binatang yang kita janjiin sewaktu di Padang. Dan dia lebih heboh, karena ternyata banyak binatang yang diliatnya lebih heboh dari kangguru dan koala, ada echidna dengan duri2nya, ada possum, wallaby, tazmanian devil, penguins, matanya langsung  wowww gitu dengan mulut ngangap.
Setiap hari kita main di playground, hebatnya disini setiap jengkal ada tempat bermain anak. Puas lahhh dia bermain.


- Bulan kedua, mulai mengalami masa culture shocked, jangan salah ternyata itu bisa terjadi pada anak-anak yang masih kecil kayak qania. Dia mulai ngga sreg, minta pulang, ingat semua temannya di Padang. Kecewa karena bermain di playground itu ternyata masih membuat dia merasa lonely, banyak anak anak tapi tak satupun dia paham, anak-anak yang main yaa kalo nggak hongkong, india, australi, yaaa mana jelasss ama qania. Akhirnya, dia memutuskan menolak berteman gitu. Biasanya dia selalu bergabung jika ada anak-anak yang main prosotoan, ini justru kebalikannya, dia tukar mainan, dia nungguin aja. sedih deh. Trus di rumah marah-marah. Berat banget deh waktu itu. Karena memang waktu itu saya juga belom terlalu paham kegiatan anak-anak di sekitar Macquarie, tempat kami tinggal.

- Bulan ketiga, saya udah mulai paham dengan kegiatan-kegiatan anak-anak di sini karena sebelumnya memang lagi liburan sekolah jadi rata-rata pada ngga ada. Jadi disini ada kegiatan story time di perpustakaan umum. Macquarie ini kalo di Indonesia masuk kelurahan City of Ryde, nah di dalamnya ada Eastwood, Ryde, Gladesvile, North Ryde dan West Ryde library.  Nah di Eastwood dan Ryde ini kami sering kesini, karena dekat sekali bus aja. Setiap Kamis di Eastwood dan setiap selasa di Ryde.

Awalnya, qania ngga mau duduk dengan temannya, yaaa karena ngga menarik kali yaa denger cerianya juga tak pahaaam. Nah untungnya sesudah story telling time itu ada acara nontonnya (video time), biasanya sesuai topik juga. Lanjut buat craft, nah yang ini yang bisa menyentuh hati qania, karena ngga perlu dengerin orang ngomong cukup liat gambar terus dikerjain. Alhamdullilah ya Allah, dia mulai senyuuum lagi, dan untungnya kita memang udah membiasakan dia lebih tertarik dengan buku daripada mainan, jadilah matanya berbinar2 bisa minjam beraneka ragam buku berwarna warni.  Mulai nanyain kapan kesitu lagi, walaupun masih ngga mau dekat ama anak-anak lain. 






Akhirnya teman pertama qania ada, latisha, anak India, dia nempelin qania terus, luluh juga dia. Dan maknya latisha juga sayang ama qania, sementara saya nyari nyari buku buat diri sendiri, maknya latisha ngajarin latisha ama qania bahasa Inggris.


- Bulan keempat
She is a very happy girl now, banyak bahasa inggris yang mengejutkan yang bukan saya dan si papa ajarkan
karena acara tv anak edukatif sekali, kartun kartun kayak sp***** , atau sha** itu ngga boleh disini, karena dianggap bukan acara anak-anak. Acara ABC playschool, itu favorit qania, biasanya mereka membuat sesutu dr barang bekas, misal gulungan tisue, jadi boneka, terus ntar jadi cerita-cerita lucu.
Good newsnya, udah banyak istilah spontan yang didapatin qania
kayak, good job, just a minute, here we go, time to sleep, time to eat, time to play, what are you doing, smell not good (dengan muka prihatin), 
Yang paling ngeri progress belajar number, kami sih ngga terlalu mengajari qania ya takut nanti kalo sekolah beneran bosan. tapi kami selalu melayani semua pertanyaannya.Bahasa Inggris 1 sampai 29 dia udah bisa, belajar dari si elmo aja tu, tapi pemahaman antara alfabet denngan angka belom bisa.
Jadi kalo 1 dengan 9 itu nineteen. Selanjutnya 1 dengan M itu Mteen. 
Kadang kita tanya kok qania tau itu 26 (duaenam) itu twentysix, jawabnya kan ada di TV mami, it is twentysix.
Bagus,
Tapi ngototnya, ngga ada kata sembilan belas buat qania, karna dia terlanjur nangkapnya satu sembilan. 
Ya ngga papalah nanti dia juga akan paham

Selanjut nya PR kami mencarikan sekolah qania.
Di sini preschool bukan wajib, kindergarten alias tk baru wajib. Dan harga preschool ini bikin kita menangis bombay. Udah mahal, pakai antri pula. Untuk sekolah harus mendaftar paling kurang setahun sebelumnya.
Untuk sementara qania masih waiting list di north ryde Community Preschool.
Disini agak aneh juga ya, batas umur anak itu per tanggal kelahiran. Jadi kalao dia lahir sesudah tanggal 5 Juli itu dia mengikuti tahun ajaran diatasnya. Tapi kalau sbelum itu dia ngikutin dibawahnya.
Harga Feesnya $47.00 per hari umur 4 before 31 July 2014 dan $57.00 per hari umur anak sesudah tgl tsb. Ngeri nggaaa yaaauuu.

Nah untuk mendapatkan harga segitu, kita harus mendapatkan preschool yang terdaftar sebagai Registered Child Care Provider di Departemen Servicesnya, kementrian sosial kali yha kalo dikita. Supaya bisa dapat harga segitu kalau ngga harganya 2x lipat. Untungnya Australian Awards beasiswanya papa qania termasuk dapat diskonan.

Moga qania dapat ya sekolah ini , karena selain dekat, kegiatannya cukup menarik, dan ini termsuk yang udah berpengalaman, khususnya dengan anak anak yang bahasa inggrisnya masih terbatas kayak qania. Semgt qania buat Januari taun depan.

1 comment:

  1. iihh prakarya qania bagus baguuss... nanti pengen nyontek aah untuk kk Naia.. hehe.. boleee yaaa... :D

    ReplyDelete

feel free to comment :)