Sep 24, 2010

Pentingnya Mencatat Tanggal Menstruasi

Yaa gitu deh penyesalan saya..
Tidak pernah mencatat tanggal menstruasi dengan teratur..
Ada sih saya catat..di kalender kantor which is kalender 2009, yachhh kalendernya udah dibuang pula.
Terakhir saya catat di wwww.mymonthlycyles.com, cuma Nov ama Des 2009 doank (ya iyyalah waktu itu saya juga baru tau situs ini dan masih calon penganten jadi semangat-semangatnya tujuannya buat ngecek jadwal kesuburan maklum lah si Uda kan jauh, jadi harus dihitung baik2 tanggalnya hhehe :P
Buat yang belom married dan sudah married...ngga ada salahnya catat aja situs ini, Insya Allah banyak gunanya kok.
Karena kalau catat di diary, atau kalender yahh dah dibuang kayak saya...


Masalahnya apa?? Jika bu mil menstruasi suka ngga teratur (suka maju mundur seperti saya ini) sedikit susah menentukan untuk penantian yang ngga jelas ini.
Misalnya, untuk kasus saya ini estimasi melahirkan adalah tanggal 16-22 September..nah sampai sekarang saya belum merasakan mules-mules atau pun flek. Kondisi air ketuban juga masih banyak. (harusnya kalo post mature air ketuban berkurang)

Kalau post mature dikhwatirkan air ketuban berkurang dan terjadi pengapuran di plasenta. Yang jadi lebih ribet adalah si baby belum turun panggul..dan posisi bayi telentang..(walauppun kepala udah dibawah tapi belum turun panggul)
Kalau dokter memberikan infus rangsangan untuk mules juga berbahaya, karena posisi bayinya tidak telungkup. Makanya dokternya nanya deh tanggal-tanggal menstruasi bulan-bulan sebelumnya.

Untuk kapan proses pembuahan pasnya terjadi kan kita tidak tau..dokternya hanya bisa menghitung dari tanggal terakhir menstuasi.
Alamat-alamatnya yang terburuk..ready for the worst..intervensi persalinan melalui caesar huhuhuh........

Plan A kemaren ke Bidan Cicik (ini bidan senior banget di Padang) kayaknya harus dibatalkan deh padahal ini bidan baik banget karena saya dan suami ngga mau ambil resiko untuk caesar pasti tidak dikerjakan oleh beliau. Tapi Bidan ini bagus membaca semua med record saya dari awal, dan menuliskan hasil pemeriksaannya beliau di buku saya itu juga tanpa saya minta.

Plan B dengan dr.Desmiarti (ini referensi dr. dewi praba kemaren waktu di cinere, kata beliau temennya..dan kemaren pernah gantiin beliau praktek waktu haji di cinere)..dr. Des udah mayan senior juga cuma (agak serius aja wajahnya) --( kata Uda ngga penting!!!). Beliau juga update med rec saya dan membandingkan dengan yang seharusnya.

Plan C, ke dr. Yusrawati yang sama topnya dengan dr. Des tapi dibatalkan saja..beliau sibuk banget (sayangnya beliau ngga terlalu baca buku medical record saya dari Jkt, huhuhu)

Ada hal-hal yang mungkin buat orang lain ngga make sense, tapi buat saya dan Uda penting.
Misal : sangat penting bagi kami, dokter membaca buku medical record saya, karena saya sebel kalau dokter nanya-nanya lagi dari awal, gunanya buku kan buat itu, apalagi saya ada tumor jinak di payudara makanya biar in line dengan dokter onkologinya.
Medical record saya lengkap makanya suka ngga suka kalo ada dokter yang ngga ngisi buku saya alias cuma ngisi medical record di rs ybs.

Dokter-dokter saya dr. evert onk (JBC), dr.sri obgyn (JMC), dr. dewi praba (CInere), dr. Wisman Arif Ucok Onk (siti rahmah padang), dr. Yusra obgyn (ibnu sina padang), Bidan Cicik Padang, dr. des (rs. siti hawa padang).

Untuk tumor jinaknya kata dr. Ucok, mudah-mudahan nanti sewaktu bayi lahir dan hormon ibu sudah stabil mudah-mudahan hilang tapi tetap harus dipantau jangan sampai menjadi ganas. Amiiin..

Ayoo sayang dedek bayi..we cant wait to see you...

3 comments:

  1. Semangat ya Deb..!!moga lahirannya lancar n diberi kemudahan oleh Allah,,amiieenn ya Rabb..

    ReplyDelete
  2. Mo nanya Deb, saya harus mencatat tanggal menstruasi siapa ya?

    ReplyDelete
  3. Moga2 lancar segalanya selama persalinan yah!! Sehat juga ibu & baby nya *amin*

    ReplyDelete

feel free to comment :)