Aug 18, 2010

Senam Hamil Hepi

Kemaren edisi senam hamil mellow yang ini baru hepi.
Misua udah datang baru deh semangat senamnya.
Dan timingnya kita datang pas, jadi bisa kontrol ke dokter terus liat presentasi dari Cinere dan senam hamil.
Jam 9 udah di Cinere Hosipital dapat antrian nomer 7. Daftar senam hamil, dan topiknya minggu lalu bagus banget Persalinan Normal, untuk intervensi persalinan dokter Ratih diganti dengan Persalinan Normal.
Bidannya namanya bidan Eri. Baru tau kalo untuk anak pertama itu ternyata rata-rata satu kali pembukaan membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jadi kalau ada 10 pembukaan sekitar 10 jam (asoy geboyy dah tuh!!) Dan untuk proses kelahiran maksimal adalah 30 menit, ini menit-menit yang paling penting, ngeden tidak boleh sembarangan, tidak boleh buang tenaga. Jadi dari sekarang ayoo siapkan tenaga, tidak boleh begadang dan harus rajin latian pernafasan
Karena kalau lebih dari 30 menit, maka biasanya dokter akan melakukan intervensi persalinan normal, bisa jadi bayinya di vacuum, atau mungkin caesar.

Oh ya yang saya lupa kemaren adalah menanyakan masalah ari-ari. Kalau ari-ari bayi dibawah kemungkinan besar jalan bayi untuk normal tertutup. Tapi dokter kemaren ngga ngomentari ari-ari berarti asumsi saya bisa normal.
Semoga bisa normal, tapi baby diba di minggu ke 34 kepalanya belom turun, masih miring. Harusnya di minggu ke 36 sudah turun kebwah panggul. Harus lama sujudnya.
Kalau kepala bayi belom turun ngga boleh melakukan gerakan seperti ngepel, karena takutnya yang turun tangan bayi atau yang lainnya, jadinyya terjepit.
Baby DIBA udah hampir 2.3 kg masih ada waktu untuk naikin berat badan, ayoo semangat makaaann.

Untuk latihan ngeden nya pas didampingi Uda baru deh mami Debi ngga bete lagi.
Yang ada tiap kaki diangkat ama Uda, sayanya kentut-kentut terus, makin ketawa makin keras kentutnya adauuuhh maluu. Kata Uda ada yang nyeletuk "eh ada yang kentut"..

Pulangnya dari Cinere ke kantor beresin workstation, baru pulang.
Cita-cita buat shopping barangnya DIBA ke ambasador batal, udah keburu cape.
Next plan, mencari info senam hamil di Padang

4 comments:

  1. emang dasar maminya Diba... dimana-mana kentut melulu...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. smg bisa lahiran normal ya db
    sharing pengalaman nih, klo pas kontraksi jgn teriak2 ya mending zikir aja, simpan tenaga buat ngeden.

    lia, dari pembukaan 1 ke dua butuh 3,5 jam trus dari 2 ke 7 cuma butuh 1,5 jam. jadi total waktu dari pembukaan 1 sampai lahiran hnya 6,5 jam.

    soal BB bayi kdang ga akurat jg, lia dibilang BB bayi pas USG 4D udah 3,8KG, Tau2nya pas lahir 3,4 Kg.

    Btw, pas ngeden napasnya harus panjang jgn mpe terputus kasian anaknya kejepit lagian yg sakit itu cuma pas kontraksi aja kok, pas lahiran ga sakit2 amat ;)
    Gut lak yah ..

    ReplyDelete
  4. @all about babby : ini pasti dewi arnita :P yang tau gw kentut2 dikantor selain si Uda hehehe
    kentut itu sehat lagi :P
    @lia :iya lia...makasih advicenya..ini ng mau buang tenaga asal2...
    btw cepet yaa pembukaan myuu
    berat bayi emang suka ndak akurat yaa..alhdmllah di minggu 34 aq udah 2.6, ini belum control lagi..bisa lebih kali ya..cuma bisa aja nanti pas keluar kurang atau lebih yaaa..doakan yaa bukkkk

    ReplyDelete

feel free to comment :)