Sep 9, 2009

Be carefull, pembuluh darah mata pecah

Ya..tiba-tiba Selasa pagi mata kiriku merah. Ada seujung darah menggumpal di sudut kiri bola mata kiri. Kupikir kena sabun. Tapi kok di kantor semua orang takut melihatnya.

Pulang kantor langung buka, sholat, terus tidur, berharap paginya hilang.
Next morning masih merah. Disudut bola mata kiri, terlihat darah menggumpal. Tapi tidak gatal dan sakit.

Ya siangnya nelpon Setia Mitra Fatmawati, janji datang jam 5 sore. Jam 5 lewat 15 sampai. YOu know what...dokternya berhalangan. Mereka udah telp tapi nyatat nomer hp ku salah!!
I nearly cried out and screamed and planned to say " are you guys stupid or damn? just record my phonenumber you guys dont get right!!! ..."
Ingat puasa, sebelum aku maki-maki tuh para customer service, aku langsung cabut. Yah positive thinking aja mungkin aku juga salah memberi nomernya, sudahlah ngga usah diingat-ingat.

Nyariin Dokter spesialis mata terdekat. Akhirnya ada Klinik Retna ada yang namanya Dr. Wijarnarto, SPM. Aku belum punya referensi tentang dokter ini, tapi yang jelas, mataku harus segera diobati, mau ke rumah sakit lain juga belum tentu dokternya ada.
Dan hikmah kesabaran hari ini, ketemu dokter yang baik dan mau ngasih nasehat banyak. Kalau antrian banyak mungkin aku ngga bisa nanya-nanya. Dan dokter ini baru praktek lagi hari itu setelah sebulan istirahat setelah operasi usus buntu.
Ya analisa dokter ternyata, ada pembuluh darah mata yang pecah. Hiks seramnya, Takut.

Ciri-ciri pecahnya pembuluhmata bermacam-macam, ada yang mengalami pusing, mata pegal, gatal dan lainnya. Pada kasusku mata tidak gatal dan tidak sakit.

Penyebabnya bisa macam-macam, terlalu cape, atau terbentur, mata terlalu dipaksa melihat ke screen komputer, kurang kedip juga berbahaya apalagi AC di kantor yang sangat dingin. Ternyata kita tidak pernah mikir, jalan jauh aja kaki kita pegal. Tapi kita ngga ingat dengan mata, mata juga pegal.

Berikut tips untuk mata:
- Setiap 2 jam, mata harus istirahat dari laptop selama 20 menit, dan lakukan pandangan jauh sekitar 200 meter.
- Senam mata. Pegang pulpen di depan dan digerakkan ke kanan sampai tangan kanan yang memegang pulpen sejajar dengan bahu. Tapi kepala tetap lurus ke depan. Lakukan gerakan sebaliknya ke kiri, ke atas, ke bawah, miring ke kanan, kiri, dan bawah kanan, kiri. 8 Arah.
- Kurangi penggunaan laptop/pc. Jika sudah hampir seharian di kantor, sebaiknya dikurangi di rumah.
- Konsumsi wortel/tomat. Paling bagus tomat, murah meriah. Dan baik dicampur juga dengan minyak, misal makan gorengan dikit, karena anti oxidan baik ketika bercampur dengan minyak.

Semoga seminggu ini mata ku kembali baik ya. Dokternya Insya Allah bagus, tidak mau kasih antobiotik minum cukup obat tetes aja, dan kata beliau ngga perlu vitamin A. Baiknya minum yang alami seperti jus.
For my self, No more facebooks and blogging till late!!

11 comments:

  1. makanya jgn suka ngintip,,,,;p

    ReplyDelete
  2. Banyak istirahat dan semoga lekas sembuh :)

    ReplyDelete
  3. trus di kasih obat apa? aku tiba2 jg alamin yg sama :(

    ReplyDelete
  4. AL : coba kedokter mata . aq dikasih obat tetes mata..karena waktu itu mau nikah takut difoto jelek, tapi kata orang sih selama ngga sakit ilang sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obat tetes matanya apa ya..Thx

      Delete
  5. mata ku sepertii itu nih :( sekarang ,, udah 1 minggu kalau hari sabtu ini.
    aku kira gak papa jadi aku biarin aja ...... :9 ,,,, komentarnyaaa pleaseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee ...............

    ReplyDelete
  6. @axiata baiknya kamu ke dokter mata aja, waktu itu aq ke jakarta eye centre di rumah sakit bunda ya yang dipasar rebo aq lupa.

    ReplyDelete
  7. thanks infonya,,nie mtaku sma kya gjalanya kmu..

    ReplyDelete
  8. Tolong obat tetes mata nya apa ya ? Thanks

    ReplyDelete
  9. ni mataku skrng jg mengalami hal yg sama
    kira kira sembuhnya sampai berapa hari
    dan apa aja yg perlu dihindari




    ReplyDelete
  10. saat ini aku jg mengalami hal yg sama
    Kira kira sembuhnya sampai berapa hari
    dan hal apa aja yg harus dihindari
    trus efek kedepan ada atau nggak

    ReplyDelete

feel free to comment :)