Feb 5, 2008

Financial Objective 2008 :Good Money Habit


Disadur dari Artikelnya Ligwina Hatanto (tujuanloapa.com)

Gue baru baca artikelnya Mbak Lia, biasa sering denger Hard Rock Kamis pagi tapi berhubung udah punya TV hihi (finally!!).. yaa jadinya keterusan Indonesia This Morning Metro TV. Tapi tentunya nggak ngurangin cinta gue ama Mbak Wina karena gue tetep baca artikel-artikel beliau disitusnya www.tujuanloapa.com.

Setelah gue baca ternyata semua all about definisi money habit, yang notabene gue belum bisa jalanin 100%. Memang definisi good money habit setiap orang berbeda-beda, tapi ternyata intinya control dan yang ini susah banget.. banget..ba nget…


Menurut Mbak Win, fondasi sebuah rencana keuangan yang baik adalah memulai dari hal kecil. Misalnya, menyusun anggaran, menabung, atau investasi reguler, mengambil uang di ATM sepekan sekali sesuai anggaran, dan hanya membeli barang yang mampu ada beli dan mengetahui saldo kartu kredit. So friends,..udah ngelakuin ini belum???
  • Menyusun Anggaran, dari gue sendiri sih, jujur gue malu. Anggaran hanya sebatas sebuah anggaran visual diotak gue, budget gue sekian persenlah, ini sekian persenlah. Tapi mulai tahun ini, gue udah buat anggaran. Anggaran tertulis, nggak lucukan anak accounting, kerja plototin overdue customer tapi budget sendiri aja nggak punya. How embrassing and stupid.
  • Untuk menabung, dah oke,tiap bulan gue potong Rp.200 ribu dari Tabungan Rencana Mandiri. Tapi kemaren gue baru mikir, bagus sih nabung seperti ini , tapi habit nabungnya nggak kena, karena bukan gue atau lo yang nyetor duitnya, alangkah baiknya kita setor sendiri/ transfer uangnya. Dan idealnya menabung itu 30% dari pendapatan kita, tidak boleh diutak atik.. Yang idealnya gue nggak bisa, karena saat ini mesti bayar angsuran my cute apartemen kos2an kali halah! … Memang sedikit maksa, karma gue harus hemat total tapi tiap orang kan masing-masing punya tujuan masing-masing toh!. Dan karena ini gue jadi punya tujuan dalam financial.
  • Investasi regular, nah ini yang paling penting. Saat ini banyak reksadana yang sudah bisa transfer Rp.200 ribuan (tapi harus ingat fee pembeliannya berapa persen). Dan pilihan investasi gue saat ini Mandiri Investa Atraktif Bank Mandiri sebagai selling agentnya. Kenapa? Ya…untuk orang awam seperti gue, gue butuh investasi yang nggak terlalu memusingkan, dan jelas, dekat dengan kantor. Kalau pakai broker bisa aja, tapi sayang saat ini gue belum bisa bayar uang depositnya, yang rata-rata adalah Rp.25,000,000.
  • Jangan lupa, mengetahui saldo kartu kredit yang telah terpakai, melunasi utang kartu kredit tepat due date, dan sebagainya. Good money habit juga menunjukkan besarnya penghasilan bukan satu-satunya faktor untuk memenuhi kemampuan berinvestasi. Saat ini hutang kartu kredit masih ada, ini harus segera dibayar!.
  • Mengambil uang di ATM sepekan sekali sesuai anggaran. Ini sudah gue jalankan, tapi actual dengan budget suka nggak sesuai. Alias tidak displin. Intinya displin. Jawabannya ada accurate budget, minimal mendekat budget..jangan mendekat pengeluaran ya Deb….
  • Hanya membeli barang yang mampu ada beli. Setahun gue masuk di Trakindo apa sih yang udah gue punya? Yang material really NONE, kenapa? Yah karena gue masih suka beli-beli hal yang tidak perlu dan gue sebenarnya belum mampu beli. Dulu gue suka banget makan-makan, jalan-jalan, dan sebagainya, sekarang gue baru mikir buat apa sih gue makan 3x seminggu di Citoz sekali makan aja minimal Rp, 65,000 belum lagi nonton, naik taksi, lihat barang diskon. Yah bukan berarti gue nggak akan makan-makan lagi tapi alokasi dananya mungkin untuk hal-hal yang lebih positif. Pilihan gue langganan koran (walaupun baru hariMinggu doank!) lho Senin – Jumat liat internet aja hihihi. Trus dananya bisa dialokasikan untuk ektrakulikuler (kayak anak sekolahan ajee) tennis, ngaji dan lainnya. Beli baju tiap bulan ? mm…… ini sih sah-sah aja…tapi nggak harus baju yang bermerk. Bisa beli bermerk dan diskon (Alhamdullilah), atau baju yang tidak bermerk tapi bervariatif.
  • Mengetahui saldo kartu kredit. Sekarang cukup punya 1 kartu kredit saja. Kalau bisa yang ini akan gue tutup juga. Tapi sayang poinnya..nah ini poinnya hihihih!!!
Semoga good money habit bisa diaplikasikan tahun ini buat gue dan buat lo-lo pade! Wassalam…..

No comments:

Post a Comment

feel free to comment :)