Aug 28, 2008

Aku Jatuh Cinta Padamu Indonesiaku

Biar lomba foto ng menang,

Tapi yang ini menang jadi Juara Favorit Cepen Tusra Jaya (Trakindo Group) 17 Agustus 2008 yang lalu. Thanks buat Arthur (sorry nyomot nama hehe) Semoga ini menambah nasionalis kita yaaa

======

Jakarta, 06 Agustus 2008


Hai Arthur,

Thur, pakabar ngana sekarang? Duh kangen banget yaa.., masih betahkah di belahan selatan benua Kangguru itu? Semoga sehat selalu ya…, Thur rasanya sudah lama sekali aku absen menulis padamu.

Beberapa hari lagi acara 17an nih Thur. Di kantorku pun suasana kemeriahannya sudah terasa. Berbagai macam lomba diadakan, ada lomba kampung, lomba basket, sampai lomba debat bahasa inggris dan juga Idol singing contest. Tetapi tetap rasanya ada yang kurang Thur, aku kangen banget khitmatnya upacara 17 an, suasana pengibaran bendera, syahdunya menghenimkan cipta……

Ingat tidak dulu kita sibuk mengundang para teman mengikuti upacara kemerdekaan Indonesia di kampus? lagu Indonesia Raya iringan gitar akuistik om Max Ambon Manise membuat mata ini nanar dan tak kuasa untuk menahan tetesan kerinduan akan rumah ahh… rasanya jauh sekali kita waktu itu seperti di pedalaman saja.

Thur, sekarang di kantor aku juga punya berbagai teman dari berbagai daerah. Mengingat di Padang aku ketemu orang sekampungku saja. Selama training setahun lalu aku satu kelompok dengan teman dari Medan, Yogya,

Makassar, dan juga kampungmu Manado, makanya kita suka memanggilnya si Ngana,walaupun namanya Anto. Sewaktu project aku berdua dengan si BatakSitorus itu bahkan sempat membuatku menangis dan tidak masuk kantor. Kita berdebat soal project dan pembagian tugas. Mungkin aku banyak mencampuri tugas temanku itu ya. Aku shocked berat ketika dia bilang ”kau kerjakan urusanmu, ku kerjakan urusanku!!!”. Seumur-umur aku belum pernah mendengarkan kalimat setegas itu. Keesokan harinya aku illfeel datang ke kantor karena malas ketemu dia, tetapi untungnya dia langsung bertanya apakah aku tersinggung atau sakit hati, dan akhirnya masalahnya terselesaikan. Dari situ aku belajar Thur, bahwa memang di negeri asal temenku itu berbasa-basi tidak ”laku” dan memang semuanya to the point tidak seperti di kampungku.

Ada lagi Thur, temenku yang asli Makassar, yang mengherankan semua orang memanggil namanya dengan ”Jeng” ternyata dia sudah lama di Yogya mirip orang Jawa asli.

Sekarang cara berbicaraku pun sudah bercampur-campur ada logat bataknya, aku suka kau untuk engatakan engkau, aku pakai kata kah seperti orang Banjar, atau suka menyebut itu sudah khasnya orang Indonesia Timur untuk mengatakan iya.

Aku juga sudah bisa makan lalapan kemangi, jenis sayuran yang tidak pernah ada sejarah resepnya dalam masakan kampungku. Dua tahun berlalu aku merantau di Jakarta dan tidak pernah mau menyentuh si daun wangi itu,ternyata enak!. Itu karena aku tidak mau mencoba makanan yang berbeda yaaaa….

Mengenang keunikan teman semasa training, selalu ada sekelebat kerinduan yang terbersit di hati ini. Di saat berkumpul saling memuji atau mencela

perbedaan tetapi justru itu yang membuat kita semakin dekat kan? Ah…Indonesiaku, seandainya kau tau betapa AKU BEGITU JATUH CINTA PADAMU INDONESIAKU. Puitis ya Thur? Makanya segera pulang ya… Aku tau kamu juga lebih jatuh cinta pada Indonesia.

Cepat kabari kepulanganmu ya!

Salam,
db

1 comment:

  1. ayaknya comment gw kelamaan neh, cerpen uda ditulis dari bulan Agustus commentnya baru bulan October heuheuheuheuhe.

    Thank’s for using my name as the character in your story, I’m really honored. Hebat juga kamu nulis, I haven’t been writting as much this year - been takking photos instead hehehehe.

    Well I’ve been traveling few times to The Netherlands for the past 2 yrs, work related offcourse. Been taking pictures of things that I think interesting, kinda new hobby. It’s very satisfying especially if the pictures turned to be really nice (you never know).

    So congratulation Deb, I’m proud of you. Bty how’s ur sister & mom? Hope they’re doing well and please send my regard to them.

    ReplyDelete

feel free to comment :)